Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Manfaat Daun Tin Bagi Kesehatan Manusia

Di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai 10 manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh lalu bagaimana dengan daunnya apakah sama berkhasiat?

Ternyata nggak kalah hebat manfaatnya, untuk itu simak terus artikelnya dan juga bagikan ke teman Anda agar lebih banyak yang merasakan manfaatnya.

10 Manfaat Daun Tin untuk Kesehatan Manusia

10 Manfaat daun tin untuk kesehatan tubuh manusia
Daun tin/Ara

1. Menyehatkan Tulang

Kandungan kalsium yang tinggi pada daun tin dapat memperkuat tulang sehingga tulang kita tidak hanya lebih kuat namun bisa lebih padat dan terhindar dari pengeroposan tulang atau Osteoporosis.

Daun dari tanaman yang sudah dibudidayakan sejak 1900 sebelum masehi (SM) ini diyakini digunakan sebagai pengganti susu, dan ternyata tidak hanya tulang sebagai penopang tubuh saja manfaatnya teh daun tin juga baik untuk kesehatan gigi kita, jadi tidak akan pernah sakiti gigi.

2. Menormalkan Nafsu Makan

Paska sakit biasanya kita kurang bersemangat untuk makan daun tin ini berfungsi untuk menormalkan Nafsu Makan.

Karena daun tin terbukti mampu mengendalikan hormon-hormon pencernaan. Teh daun tin ini juga bisa dijadikan minuman wajib keluarga terutama bagi keluarganya yang memiliki kebiasaan susah nafsu makan.

3. Mengurangi Sesak Nafas

Jika anda ingin meredakan sakit Asma yang menahun daun tin cukup baik untuk menyelesaikan masalah asma.

Dengan rutin mengkonsumsi teh daun tin 2 kali dalam sehari dengan izin Allah penyakit asmanya dapat berangsur-angsur membaik.

4. Mencegah penyebaran Sel Kanker

Penelitian manfaat daun tin masih banyak dilakukan sampai saat ini terutama mengenai kemampuannya untuk mencegah penyebaran sel kanker.

Kandungan antioksidan yang tinggi dapat berfungsi mencegah sel-sel kanker, selain itu teh daun tin dapat menangkal radikal bebas yang kebanyakan sebagai pemicu lahirnya sel-sel kanker pada tubuh.

5. Dapat meluruhkan batu ginjal

Daun pohon tin mengandung Saponin dan alkaloid yang bersifat diuretik.

Sifat diuretik inilah yang bisa melarutkan kotoran dan batu pada organ ginjal secara maksimal.

Caranya dengan merebus 1 lembar daun tin yang sudah dikeringkan dibawah sinar matahari selama 3 sampai 5 jam, dan mengonsumsinya secara rutin setiap hari.

Usahakan setiap harinya cukup mengkonsumsi minimal 1 kali saja.

6. Meningkatkan Sistem Imun atau Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan Bioflavonoid, Polifenol dan vitamin C yang bersifat antioksidan pada daun tin ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita.

7. Menurunkan kadar Trigliserida
Apakah anda pernah mendengar trigliserida?

Trigliserida adalah merupakan jenis kolesterol jahat yang ada pada tubuh kita, semakin tinggi lemak jahat LDL kolesterol tersebut maka akan semakin berbahaya bagi kesehatan kita.

Dengan mengonsumsi teh dari daun tin sekali setiap hari maka akan mengurangi penumpukan kolesterol jahat ini.

Tapi tetap perlu imbangi dengan pola makan harus tetap sehat juga harus rajin berolahraga.

8. Mengurangi efek samping Diabetes parah

Daun tin memiliki senyawa sehat yaitu Polifenol seperti flavonoid.

Flavonoid memiliki efek anti inflamasi dan juga anti antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi efek samping pada Diabetes yang pernah.

Nasional Reset Center di Mesir khususnya di Parman of Nutrision pernah meneliti tentang tikus yang terkena Diabetes dan diberikan daun tin dalam makanannya, kesimpulannya adalah penyertaan daun tin dalam makanan dapat membantu memperbaiki hiperglikemi akibat Diabetes.

Kekuatan antioksidan dan serat dalam buah dan daun tin merupakan dasar untuk menyembuhkan tikus yang terkena diabetes tersebut.

Ini sama manjurnya jika diaplikasikan pada manusia.

9. Menyehatkan Jantung

Daun tin memiliki kandungan Omega 3 serta kalium kedua kandungan tersebut sangat ampuh dalam mencegah terjadinya jantung koroner.

Kemudian ekstrak daun tin memiliki ficusin yang dapat menetralkan fungsi jantung kalium dalam buah tin dapat mencegah penyakit jantung.

Selain pencegahan penyakit jantung air teh daun tin berkhasia sebagai anti inflamasi yang dapat mengurangi kegemukan sehingga bisa terhindar bahaya obesitas.

10. Mencegah Anemia

Zat besi yang terdapat pada daun tin diperkirakan mampu mencegah Anemia.

Nah Zat besi ini diperlukan oleh tubuh untuk mengasilkan komponen sel darah merah yang disebut Hemoglobin (HB)

Jadi Hemoglobin dalam sel darah merah dibutuhkan oleh tubuh untuk mengikat dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh organ tubuh.

Selain itu hemoglobin juga berperan penting dalam pembentukan karbon dioksida dari sel-sel tubuh pada organ pernapasan (paru-paru)

Jika tubuh manusia kekurangan sel darah merah maka penyebaran oksigen dan pembuangan dioksida akan terganggu.

Nah dengan mengonsumsi teh daun dan buah tin sehari akan mencegah Anemia.

Seperti halnya artikel sebelumnya kapan waktu untuk menanam pohon tin ini, mari kita tanaman pohon tin sebagai bahan konsumsi kesehatan ya...

2 comments for "10 Manfaat Daun Tin Bagi Kesehatan Manusia"

  1. selalu makan buahnya sahaja. tak pernah tahu khasiat daunnya

    ReplyDelete
  2. hampir semua jenis tanaman mengandung khasiat ya kak

    ReplyDelete