Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Vitamin dan Nutrisi untuk Kesehatan Mata Rabun, Katarak, Minus

7 nutrisi untuk menjaga kesehatan mata
7 nutrisi untuk menjaga kesehatan mata 
Kali ini kita bahas tentang 7 nutrisi untuk mata kamu jadi sobat sehat gangguan atau penurunan fungsi penglihatan ini pasti akan dialami oleh semua orang terutama bagi mereka yang memasuki usia lanjut. 

Namun penurunan fungsi kelihatan ini dapat kita cegah dengan cara mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung vitamin yang berguna untuk mata.

Memang bener semakin bertambahnya usia otomatis fungsi dari organ kita akan mengalami penurunan, tapi kita kan tentu saja tidak mau penurunan itu sangat cepat ini, kalau bisa pelan pelan.

Caranya seperti apa?


  • Dengan memperbaiki pola hidup dan makanan 
  • Gaya hidup dan makanan yang kita makan!

7 Vitamin yang berfungsi menjaga agar mata kita tetap sehat 


Sebuah penelitian penelitian sehubungan dengan penyakit mata yang disebabkan oleh usia yang dilakukan pada tahun 2001 yang disponsori oleh Nasional Institute.

Nah jadi itu adalah penelitiannya dan diperkirakan kurang lebih setengah dari populasi orang dewasa menderita katarak ketika mereka mencapai usia 75 tahun.

Tapi ternyata tidak sepenuhnya demikian karena pada usia muda dengan aktivitas digital kesehatan mata bisa mudah terserang!

Ada beberapa vitamin yang dapat anda konsumsi untuk mencegah penurunan fungsi mata yang cepat ketika anda usia lanjut juga untuk menjaga kesehatan mata usia muda.

1. Lutein 

Lutein mengandung antioksidan dan mengandung anti peradangan.

Ini dapat menjaga mata anda agar tetap sehat anda bisa mendapatkan Lutein dari buah buahan, kuning telor dan sayur sayuran yang berwarna oranye.

Sebuah penelitian dari Harvard University tentang lutein menemukan bahwa "Dengan mengkonsumsi lutein 6 miligram per hari itu dapat menurunkan resiko atas Macular Degeneratio hingga 43%.

Nah itu adalah penelitian tentang lutein.

Untuk mendapatkan Lutein anda bisa mengonsumsi sayuran hijau, kale, dan supelmen.

2. Zeaxanthin

Nah zeaxcanthin ini juga merupakan jenis karotenoid yang terbaik untuk mata anda. 

Seperti halnya lutein, zeaxcanthin pun dapat menjaga jaringan mata, lensa dan macular sehingga dapat membantu penglihatan anda lebih baik lagi dan dapat mencegah penyakit seperti katarak pada usia lanjut.

3. Vitamin C 

Kandungan Vitamin C ini selain untuk menambah sistem imun juga dapat mencegah flu batuk dan sebagainya.

Vitamin C ini ternyata dapat membantu mengurangi resiko kita terkena katarak. jadi biasanya dikombinasikan dengan vitamin E dari mana kita dapat vitamin c. nah kita bisa dapat dari buah buahan dan sayur sayuran yang segar.

Bagi anda yang sulit anda juga suplemen carilah bahan bahan yang alami dan tentu saja tidak mengandung pewarna apa manis buatan apalagi pengawet.

4. Vitamin E 

Vitamin C dan vitamin E sama-sama dapat bekerja untuk menjaga kesehatan mata, kalau vitamin C tadi larut air, sedangkan vitamin E ini adalah vitamin yang fat-soluble atau vitamin yang larut lemak.

Kedua vitamin ini dapat menjaga tubuh kita dari antioksidan begitu pula dengan organ mata kita.

5. Zinc 

Zinc adalah salah satu mineral yang berfungsi juga untuk menjaga agar mata kita tetap sehat.

Zinc juga dapat membantu untuk mengurangi terjadinya atau faktor resiko terjadinya Macular Degeneration dan katarak nah sini juga berperan penting dalam Cell Division dan Cell Growth yang menjaga kestabilan sirkulasi, kemudian mencegah sistem imun kita terlalu aktif.

Jika sistem kita imbau kita terlalu aktif akan menyerang diri kita sendiri atau kita sebut dengan autoimun jadi sini sangat berperan penting.

Zinc juga bersifat anti peradangan atau mencegah peradangan yang disebabkan oleh sitokin.
adi

Jadi Zinc ini bener bener mineral yang sangat membantu kita.

6. Vitamin A (Beta-carotene)

Untuk mata apa vitamin A?

Vitamin A anda bisa temukan di sayur-sayuran yang berwarna orange atau merah contohnya seperti wortel itu sangat tinggi mengandung vitamin A jadi bagi anda yang tidak suka makan sayuran wortel silakan makan.

"Wah makan wortel seperti kelinci"

Jadi kalau anda tahu fungsinya anda bisa konsumsi sayur sayuran tersebut jadi vitaminnya ini memang sangat baik untuk mata.

Jurnal of di Amerika Medical Association of  Ophthamology menerangkan:

"Kita memerlukan asupan vitamin A yang cukup untuk mencegah Xeropthalmia juga rabun senja" vitamin A juga menunjukkan bahwa "Asupan vitamin A dengan antioksidan lainnya dapat memperlambat proses dari kerusakan saraf seperti Diabetic neuropathy".

Maksud Diabetic neuropathy itu adalah kerusakan saraf yang disebabkan oleh atau kencing manis.

Jadi vitamin A juga dapat mencegah hal tersebut, sangat luar biasa vitamin A ini.

 7. Omega 3 

Semua sudah tahu asam lemak omega 3 ini berasal dari ikan, jadi ada EPA, DHA dan kemudian juga ada yang berasal dari tumbuhan biasa kita diperoleh dari Flax seed atau Chia seed dan omega 3 ini juga bagus untuk tubuh anda.

Dewasa ini banyak penyakit penyakit yang disebabkan karena terlalu banyak peradangan dalam tubuh kita, kembali lagi dari makanan kita dari lifestyle kita.

Itu semua adalah 7 nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga agar mata anda tetap sehat hingga usia lanjut!


Diantaranya pertama Lutein kemudian Zeaxanthin, vitamin C, vitamin E kemudian ada zinc vitamin A dan omega 3.

Nah pastikan semua saat kata di atau nutrisi tadi ada dalam makanan anda sehari hari.

Walaupun tidak bisa setiap hari, tapi di usahakan ada dalam menu makan anda mungkin pagi ada vitamin A kemudian vitamin E, kemudian siangnya ada lagi bahan makanan yang lain

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda semua ya seperti biasa bagi anda yang suka silakan klik like silakan share kepada temen temen anda dan bagi yang belum berlangganan silakan klik langganan 

Semoga artikel ini dapat me menambah wawasan anda semua dan sampe jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment for "7 Vitamin dan Nutrisi untuk Kesehatan Mata Rabun, Katarak, Minus"