Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Bahayanya Makan Mie dan Nasi Bersamaan Menyebabkan Diabetes

Faktor bahaya konsumsi nasi dicampur mie instan
Faktor bahaya makan mi dan nasi jika dicampur

Halo sobat sehat jumpa lagi dalam artikel tips kesehatan kali ini saya akan membahas topik bahaya memakan mi instan dan nasi bersamaan atau dicampur

Mungkin anda bingung kenapa mi dan nasi jika dimakan bersamaan itu bisa berbahaya!

Sebenarnya jarang-jarang makan tidak terlalu bermasalah, tapi jika anda konsumsi hal ini berkepanjangan

Itu yang menjadi bahaya!

Lalu apa saja faktor bahayanya di mana?

Perlu  anda ketahui beberapa faktor yang perlu diperhatikan jika mengkonsumsi mi dan nasi disatukan

Faktor Bahaya jika Mengonsumsi Mi & Nasi Bersamaan

Faktor pertama;

Kurangnya Angka Kecukupan gizi (AKG)

Faktor bahaya konsumsi mi dan nasi

Mi instan dan nasi mengandung banyak karbohidrat, jadi tubuh anda bukan hanya memerlukan karbohidrat saja, mi itu kan mengandung karbohidrat, nasi juga karbohidratnya tinggi, kalau tumpukan karbohidrat terlalu banyak yang menjadi berbahaya!

Jelas sekali hal ini membuat tidak sehat

Nah, pola makan seperti ini sebenarnya banyak di masyarakat kita bukan hanya mi instan plus nasi saja.

Contoh misalnya
  • Kita membeli nasi entah itu nasi kuning atau nasi uduk, pasti ditambahkan mie soun yang juga mengandung karbohidrat.
  • Kemudian ada namanya keripik kentang, yang mana kripik kentang kaya akan karbohidrat, tambahan perkedel kentang juga itu karbohidrat, ditambah lagi kerupuk, nah kerupuk itu kan dari tepung juga itu juga karbohidrat 
Kalau semuanya karbohidrat sekaligus dikonsumsi, anda bisa bayangkan apa yang akan terjadi pada tubuh anda?

Anda akan defisiensi protein atau kekurangan gizi disaat-saat tubuh anda membutuhkan.

Pengertian protein di sini jika anda kurang maka pertumbuhan sel-sel anda bisa terhambat, karena selain membutuhkan karbohidrat untuk energi, tubuh kita butuh protein, lemak untuk menghasilkan hormon dalam tubuh anda.

Kemudian anda juga membutuhkan zat-zat kecil (mikro) lainnya contoh:
  • Vitamin ya vitamin A, B, C, D, K dan sebagainya.
  • Kemudian mineral seperti Zat besi, Kalium dan Pythonutrisi
Jadi jika pola makan anda seperti itu terus menerus, awalnya sih tubuh anda akan dapat beradaptasi tapi lama kelamaan saat-saat yang tadi saya sebutkan itu akan kurang dan tubuh anda akan jatuh sakit.

Pertimbangan makan mi dan nasi berapa kalori yang masuk?

Untuk mengukur kalori nasi sendiri kalau seukuran makanan nasi padang misalnya berapa kalori nasinya saja sekitar 400 kalori, sedangkan berapa kalori mi itu tergantung seberapa banyak anda makan kurang lebih porsinya sama dengan nasi sekitar 350 sampai 400 kalori.

Artinya dari nasi dan mi saja sudah 700 sampai 800 kalori itu untuk sekali makan, memang kalau anda tiga kali makan seperti ini kalori anda akan cukup tapi maaf nutrisi yang lainnya anda tidak cukup.

Faktor yang ke 2

Bahaya jika sering mengonsumsi mi campur nasi tidak disertai Olahraga

Bahaya makan mi dan nasi jika jarang olahraga

Jika anda makan seperti ini terus dalam jumlah besar dan tidak didukung oleh olahraga hati-hati!

Apalagi jika kerjaan anda cuma duduk di depan komputer di depan laptop atau kerjaan anda cuma di rumah sebagai ibu rumah tangga misalnya kerjaan anda cuma nonton sinetron dan di depan televisi pun anda cuma remot televisi ya anda malas jalan untuk matikan nyalakan lagi kemudian ditemani lagi oleh camilan yang isinya karbohidrat lagi.

Resiko yang akan terjadi jika terus menerus menumpuk karbohidrat

Kenapa masyarakat kita banyak sekali yang akhirnya ke arah obesitas karena kegemukan ini cenderung akan mengalami namanya tadi penyakit selanjutnya misalnya:
  • Diabetes
  • Resiko penyakit jantung
  • Tidak cocok untuk diet
Jika lingkar perut pria di atas 90, dan wanita di atas 80 sudah mulai hati hati!

Untuk pengujian setelah anda tahu ini segera cari meteran dan ukur lingkar perut anda sekarang.

Caranya ukur lingkar perut anda, dan jika lingkar perut anda ternyata lebih dari ukuran tadi, segera melakukan olahraga.

Faktor ke 3

Karbohidrat Nasi dan Mi akan cepat dirubah menjadi gula

Resiko makan mi dan nasi bersamaan berbahayanya apa

Gula ini akan diserap oleh usus anda akan diserap akan diserap dan akan berada dalam pembuluh darah anda. Akan berada di dalam darah dan setelah itu pankreas akan menghasilkan hormon yang bernama Hormon Insulin.

Penjelasan, Insulin ini tugasnya akan membawa gula ke dalam sel, jadi tanpa adanya insulin gula ini tidak bisa masuk ke dalam sel.

Apa yang terjadi jika lama kelamaan anda konsumsi makanan yang cepat dirubah menjadi gula?

Sel ini akan resistant terhadap insulin tadi, kalau sel ini adalah insulin tadi dipaksakan, anda akan mengalami namanya penyakit diabetes.

Pabrik insulin namanya pankreas, nah pankreas juga jika lama kelamaan kalau dipaksa terus menerus dalam jumlah besar, pankreas ini akan mengalami namanya 'lelah' dan jika terus menerus dia akan mengalami kerusakan.

Saran kesehatan jika anda sering konsumsi nasi campur mi


Tips nya sangat mudah:

Segera kontrol dan rubah pola makan mulai sekarang contoh seperti ini:

Perhatikan dalam 1 porsi makanan anda dimeja, tolong masukkan makanan bernutrisi lainnya selain karbohidrat, misalnya anda bisa menggabungkan antara nasi dan sayur.

Perlu anda ketahui sayur pun termasuk karbohidrat, tapi mengandung nilai gizi yang lain seperti vitamin, mineral dan serat ini juga baik buat anda. 

Jadi indeks glikemik anda tidak langsung melonjak tinggi, artinya kadar gula darah anda tidak langsung melonjak karena indeks glikemik sayur tersebut itu rendah.
Dan anda bisa memasukkan tambahan seperti protein di dalam satu piring makanan anda contohnya daging, ikan ya, misalnya bumbu kacang dan tempe ya.

Nah jika pola makan anda seperti itu ada karbohidrat, ada protein, ada lemak yang baik. Untuk lemak yang bagus kita bisa mendapatkan dari minyak zitun atau minyak ikan.

Kemudian anda menambahkan buah, nah itu sangat baik buat anda jadi angka isinya lengkap dan kalori yang menurut saya. Anda makan delapan ratus kalori tapi hanya isi karbohidrat itu sayang sekali.

Semoga informasi yang saya beri pada kesempatan kali ini dapat anda mengerti dan jika anda suka situs kesehatan dan gaya hidup ini, bisa anda share ke temen temen anda sampe jumpa di artikel menarik selanjutnya ya, salam sehat, hebat, luar biasa.

Post a Comment for "Inilah Bahayanya Makan Mie dan Nasi Bersamaan Menyebabkan Diabetes"