Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Sistem Imun Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Halo sobat pada bahasan ini saya ingin memperbarui pengetahuan kesehatan, yaitu: "Apa sistem imun dan bagaimana cara menjaganya?"

Cara kerja sistem imun dalam menjaga tubuh

Sistem imun adalan sistem kekebalan tubuh tugasnya untuk melindungi tubuh kita dari benda asing semacam kuman, parasit atau virus jahat yang menyerang. Nah sistem imun secara otomatis akan merespon dengan melawan mahkluk jahat tersebut, ada yang normal ada juga yang berlebihan dan biasa kita sebut dengan Auto Imun.

Kalau sistem imunitas kita kuat! pasti bisa melawan bibit penyakit tersebut, tapi sebaliknya jika sistem imun kita lemah sistem imun akan kalah, efeknya tubuh kita akan mudah terserang oleh penyakit karena bakteri jahat mudah masuk kedalam sel.
Apa Sistem Imun Bagaimana Cara Meningkatkannya
Ilustrasi meningkatkan kekebalan tubuh (gambar: pixabay.com)

Asupan Sistem Imun Dini

Anda pasti pernah mendengar bayi yang baru lahir? oleh bidan beberapa saat kemudian langsung diberi imunisasi, nah itu pengertiannya sama saja, jadi bayi yang baru lahir langsung diberikan kekebalan tubuh sejak awal tujuannya agar bayi tersebut tidak mudah terserang penyakit.

Begitu ada bakteri yang masuk? ada sel sel tubuh kita yang bertugas membunuh virus jahat tersebut,jadi bernama sistem imun.

Jika anda masih bingung tentang penjelasan diatas!

Saya contohkan seperti ini:

Di sebuah kerajaan atau negara ada sistem pertahanan yaitu Militer untuk mempertahankan wilayah kerajaannya

Siapa yang bertugas menjaga, tentu adalah prajuritnya!

Begitu pula dalam tubuh kita ada namanya sistem tanpa kita suruh sistem imun akan bertugas menjaga kesehatan atau imunitas kita, kurang lebih seperti itu penjelasannya.

Bagaimana sih caranya meningkatkan sistem imun?

Faktor apa saja yang dapat meningkatkan sistem imun kita?


Nah, kalau kita ingin selalu terhindar dari macam-macam penyakit berarti kita harus menjaga imunitas tubuh kita agar menjadi kuat dong, yang jadi pertanyaan bagaimana cara kita untuk meningkatkan sistem imun tersebut jadi kuat?

Jawabannya adalah kita harus mengisi tubuh tersebut dengan asupan vitamin gizi dan mineral ditambahkan berolahraga secara teratur diantaranya:

 1. Asupan makanan yang bergizi  


Sebuah sistem di tubuh kita membentuk sel sel untuk jadi tentara di tubuh kita kita sebut dengan antibodi ada yang namanya IGG dan Selte dan lainnya.

Untuk menjaga kekebalan tubuh kita kuat lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi terutama mengandung karbohidrat, protein, lemak jadi proteinnya anda perhatikan setiap sel kita butuh protein, untuk membuatnya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Anda bisa atur pola makan lebih baik dengan memilih makanan saja yang bergizi, tinggi serat, faktor selanjutnya...

2.  Banyak stirahat dan tidur yang berkualitas


Menjaga stamina dengan pola tidur berkualitas dan beristirahat yang cukup!


Waktu tidur akan mempengaruhi sistem imun pada tubuh kita, baik itu cara berpikir, konsentrasi kemudian salah satunya adalah sistem tubuh.

Jadi kalau kita kurang tidur sistem kekebalan tubuh kita akan menurun dan bukan hanya resiko terkena penyakit terinfeksi virus bakteri juga ke arah cancer.

Contoh: jika anda malam begadang pasti pagi harinya akan merasa ngantuk lesu dan kurang bergairah.

Nah mulai sekarang aturan tidur jangan terlalu malam usahakan mulai dari jam 8 sudah boleh tidur. Lama tidur yang baik sekitar 7 sampai 8 jam.

3. Hindari stres 


Tubuh yang stres ini dapat membuat sistem dalam tubuh kita juga kurang normal, sistem hormonal kemudian sistem saraf termasuk sistem pencernaan.

Ketika stress nafsu makan bisa naik dan turun, jadi semua sistem dalam tubuh kita juga akan ikut kacau saat kita stres.

Stres merupakan tantangan hidup apalagi karena stres dalam sehari-hari seperti masalah usaha, kegagalan bisnis dan keluarga, biasanya stres hanya ada 2 pilihan berlanjut atau berhenti.

Stres anda itu bagus jadi bukan berarti anda tidak boleh stres sama sekali bukan seperti itu ya anda perlu mengelola stres anda.

Untuk menghindari stres kita perlu hiburan, ubah aturan pola hidup menjadi sehat dan olahraga supaya pikiran tersalurkan atau dengan cara mendekatkan hati pada sang pencipta.

4. Olahraga secara rutin


Siapa dari anda sering olahraga, berarti secara tidak sadar anda sudah menyayangi diri sendiri.

Rata-rata mereka yang rutin olahraga mempunyai fisik kuat, mempunyai daya tahan tubuh lebih baik dibandingkan mereka yang males gerak, misalkan hanya tiduran hanya duduk saja main komputer main hp.

Berolahraga minimal seminggu tiga sampai empat kali anda bisa lakukan berapa lama saja tergantung waktu anda. Disarankan buat anda yang para umum anda bisa lakukan jalan cepat sekitar empat puluh lima menit sampai satu jam.

Kalau olahraga yang lainnya anda bisa sesuaikan dengan kondisi fisik anda sesuaikan dengan usia, jadi jangan terlalu dipaksakan juga jangan sampai anda sakit karena anda terlalu over training.

5. Hindari dari rokok dan jangan konsumsi minuman ber alkohol


Kalau ini saya rasanya sudah tidak perlu jelasin panjang lebar anda semua pasti tahu pada bungkus rokok terdapat peringatan pemerintah.

Walaupun belum bisa berhenti meninggalkan tapi mungkin kalau dikurangi misal yang biasanya 1 bungkus menjadi setengahnya atau 1 batang saja.

Kemudian minuman usahakan mulai sekarang dihindari, pikirkanlah baik-baik jika masih menyayangimu.

 6. Rajin memersihkan gigi secara teratur 


Gigi ini perlu anda bersihkan minimal dua kali sehari ya yang itu yang saya anjurkan anda boleh konsultasi dengan dokter gigi anda apalagi kalau anda punya masalah sensitif bolong nah buat anda yang punya gigi yang bolong segera ditambal atau melakukan konsultasi ke dokter gigi anda karena pada saat gigi anda bolong ini akan memudar sekali tersimpan sisa sisa makanan dan ini menjadi sarang bagi bakteri nah nanti arah arahnya akan menjadi sinusitis kemudian akses ya ini akan membuat daya tahan tubuh anda menjadi drop

7. Mengonsumsi Vitamin


Untuk menjaga kekebalan tubuh perlu asupan vitamin dari mana kita mendapatkan vitamin?

Anda bisa mengkonsumsi vitamin seperti vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin D. Misalkan vitamin C sendiri anda bisa dapatkan di sayuran dan buah-buahan yang segar. Kemudian vitamin B kompleks juga kalau perlu anda bisa tambahkan dari suplemen.

Untuk Vitamin D anda bisa dapatkan gratis anda cukup badan terkena sinar matahari jangan gunakan sunblock untuk para wanita, mendapatkan vitamin D.

Kesimpulan

Menurut hadits nabi mengatakan "Dalam tubuh ada yang bernama hati jika hati tersebut baik maka akan baik semuanya, tapi jika hatinya buruk maka akan buruk semuanya.

Kita bisa mengambil keterangan ini dengan menerapkan konsep tersebut pada pola hidup sehat agar kekebalan tubuh baik, yaitu jika pola hidup sehat maka akan sehat semuanya.

Bagaimana caranya? Lakukan seperti yang telah dijelaskan diatas!

Mungkin itu dulu yang bisa saya berikan pada artikel kali ini dan semoga informasi ini bermanfaat dan silahkan baca artikel selanjutnya.

Post a Comment for "Apa Sistem Imun Bagaimana Cara Meningkatkannya?"