Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Makanan yang Menyebabkan Ngantuk Cocok untuk Insomnia

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan rasa ngantuk membuat kita cepat tidur, contoh diantaranya makanan yang mengandung asam amino tryptophan, kemudian makanan dan minuman yang mengandung zat seperti glukosa, omega 3, vitamin B kompleks dan Nutrisitrisi lain.

Makanan yang dapat menyebabkan orang cepat tidur

Banyak orang berpendapat bahwa jenis makanan yang mengandung serat, beberapa contoh itu seperti kangkung, nasi putih, coklat hangat, dan makanan-makanan yang berkarbohidrat juga dapat menyebabkan rasa kantuk.

Hampir 90% pendapatan masyarakat tertuju pada sayuran kangkung, ya memang benar sekali karena beberapa kali saya makan sayur kangkung itu selalu ngantuk. Tapi sebenarnya bukan hanya kangkung ada beberapa jenis makanan yang juga bisa membuat kalian cepat ngantuk apa saja ini dia:

Makanan yang menyebabkan ngantuk


1. Makanan kentang 
Walaupun kentang banyak karbohidrat-nya tapi tidak mengandung banyak glukosa.

Mikhael Deblus di  Amerika Academy of Sleep Medicine mengatakan fungsi potasium dalam kentang bisa menenangkan otot juga membantu melancarkan pembuluh darah dan juga melancarkan pencernaan.

Selain bisa membantu orang lain yang susah tidur kentang juga bagus untuk orang yang susah buang air besar atau BAB itu lebih lancar.


2. Konsumsi ikan salmon atau tuna 

Ikan ini memiliki kandungan omega 3 dan omega 6.

Ikan salmon terbukti dapat membantu meningkatkan ketenangan dan kehilangan stres. Sedangkan ikan tuna kaya akan kandungan vitamin B-6 yang diperlukan tubuh untuk memproduksi melatonin dan melatonin yang berfungsi untuk membuat tidur lebih nyenyak.


3. Konsumsi Sereal 

Makanan ini cocok bagi anda yang tidak mau ribet. Sereal mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membantu kalian untuk tidur lebih cepat.

Nasional Sleep Pondation mengatakan sereal akan lebih enak lagi dicampur dengan susu dan madu. Kombinasi susu dan madu ternyata dapat meningkatkan insulin dalam darah dan membuat tubuh lebih rileks.


4. Minum Susu hangat 

Sama halnya seperti kangkung susu juga tinggi Triptofan dan juga kalsium.

Kalsium dalam susu ini bisa membantu tubuh untuk merespon rasa kantuk.


5. Makanan Buah Pisang 

Kandungan Melatonin dan Triptofan pada pisang bisa membantu Anda dari Insomnia.

Pisang juga mengandung magnesium yang memberi efek relaksasi pada otot dan juga mampu mengatasi ketegangan dan juga pikiran secara pisik.

Bahkan ada beberapa ahli yang menyebutkan bahwa peningkatan melatonin pada pisang bisa secara perlahan mengobati insomnia.


6. Selada 

Selain mempunyai rasa yang segar sayuran selada memiliki serat yang berfungsi menyebabkan ngantuk.

Rahasia dibalik daun selada diantaranya memiliki kandungan vitamin A, juga vitamin K, kemudian dalam selada juga terdapat senyawa air dan nutrisi penting seperti zat besi untuk menjaga stabilitas pemulihan stamina.

Kemudian terdapat kandungan potassium, folat, kalium dan kalsium, selain untuk menyebabkan rasa ngantuk nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh karena memiliki kemampuan sebagai antioksidan.

Jenis selada ada yang berdaun hijau dan hitam semuanya nutrisinya sama saja hanya perbedaan pada rasanya saja. Konsumsi sayuran ini aman walaupun dikonsumsi secara banyak.


7. Konsumsi Cokelat 

Hidangan coklat bisa berupa minuman atau makanan olahan coklat campur kacang dan semacamnya, nah ternyata konsumsi coklat ini bisa menyebabkan seseorang menjadi ngantuk.

Efeknya setelah kafein dari coklat masuk kedalam tubuh menjadi merasa nyaman dan lelah, tapi lelah disini bukan tidak bergairah atau sakit melainkan karena rasa nyaman dan tenang akibat rangsangan konsumsi coklat.


8. Madu   

Rasa manis dari Madu bersipat alami membuat hati dapat memproduksi glukosa, kemudian membantu badan menjadi lebih rileks.

Hal ini sangat baik untuk cepat ngantuk, karena merasa manis madu mengandung Triptofan yang bisa meningkatkan insulin kemudian di serap ke otak kondisi ini yang membuat otak nyaman dan tenang akibat rangsangan dari madu akan mudah muncul rasa ngantuk seketika.

Para pakar studi menyebutkan selain untuk cepat ngantuk, mengonsumsi madu 1 sendok makan sebelum tidur akan mendapatkan manfaat yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan dan asupan gizi seimbang.


9. Udang 

Apa saja jenis udang semuanya membantu meningkatkan rasa ngantuk.

Udang merupakan jenis makanan laut (sea food) dan di air tawar merupakan salah satu hidangan favorit semua orang kecuali kamu yang suka alergi.

Udang bergizi tinggi, karena pada udang terdapat kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi udang dapat merangsang melatonin yang membuat otak dan tubuh merasa lebih rileks, santai.

Jadi sebenarnya kalau kita simak intinya makanan dan minuman yang kita santap itu harus mengandung yakni TRYPTOFAN karena ini bisa membuat tubuh dan pikiran kita menjadi rileks dan selain itu harus ada juga zat FITOKIMIA yang sebenarnya ini adalah obat tidur alami.

Kemudian juga jangan lupa saat makan terakhir itu harus 3 jam sebelum tidur, walaupun kondisi makan sudah larut malam boleh dimakan asal pilihlah yang rendah lemak dan juga rendah kalorinya.

Post a Comment for "Jenis Makanan yang Menyebabkan Ngantuk Cocok untuk Insomnia"