Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Makanan yang Baik- Sehat untuk Buka Puasa?


Apa makanan terbaik untuk sahur dan buka puasa

Halo sahabat sehat jumpa lagi di situs kringdok pada artikel kali ini saya akan membahas topik yaitu "apa makanan yang baik saat berbuka puasa" Nah sobat sehat banyak pertanyaan mengenai puasa jadi terutama untuk berbuka puas karena sering ada pertanyaan seputar puasa diantaranya:

"Apa boleh buka puasa dengan gorengan? Atau  dengan es sirup, teh manis dicampur es terutama yang asal manis?"

Jadi di sini Saya akan menjelaskan puasa secara umum, karena orang berpuasa kan macam macam tujuannya

  • Berpuasa karena ingin menjaga kesehatan
  • Kemudian ada juga yang berpuasa karena ingin menurunkan berat badan
  • Dan berpuasa karena alasan perintah agama.
Jadi apapun alasan puasa anda biasanya saat terbuka itu konsepnya kurang lebih hampir sama

Contoh:

Mereka yang berpuasa karena ingin menjaga kesehatan biasanya mereka akan lebih aware lebih belajar mereka akan mencari tau terlebih dahulu bagaimana cara puasanya dan saya harus berbuka karena alasan kesehatan.

Nah yang gawat! mereka berpuasa dengan alasan ingin menurunkan berat badan tapi mereka asal melakukan puasa lantas setelah tidak makan 8 jam 12 jam atau 16 jam, lalu mereka berbuka sembarangan serba dimakan misalnya seperti dengan gorengan, nasi goreng tambahan minum efek manis misalnya soda.

Ini banyak sekali terjadi akhirnya bukannya tubuhnya turun berat badan malah tambah naik.

Terus bagaimana dengan mereka yang dengan alasan agama, kalau tidak memperhatikan asupan nutrisi saat sahur dan berbuka biasanya suka mengalami kelelahan saat siang hari dan pada malamnya sering ngantuk banget.

Apa Makanan yang Baik dan Saat untuk Berbuka Puasa?

Di sini saya akan bahas secara umum ya, jadi misalkan anda berpuasa tapi anda tidak makan dan tidak minum jadi puasanya penuh bukan hanya tidak makan tapi tidak minum kurang lebih seharian jadi yang pertama kali yang adalah

1. Dahulukan mengonsumsi minuman untuk menstabilkan cairan tubuh

Pilih minum dan makanan yang dapat memenuhi cairan tubuh

Ya jadi anda bisa mengisi tubuh anda dengan air mineral ataupun dengan buah-buahan yang mengandung cairan mengandung air, kenapa harus air terlebih dahulu?

Karena berpuasa dari pagi hingga malam sekitar 12 jam lebih otomatis tubuh anda akan mengalami dehidrasi baik itu dehidrasi ringan mungkin sampai sedang bahkan sampai berat, kalau sampai berat anda harus diinfus biasanya seperti itu.

Jika anda mengalami dehidrasi yang terbaik adalah hidrasi dulu diri anda, jadi anda minum air dulu tunggu beberapa menit setelah itu baru anda masukkan makanan makanan yang lainnya.

Jika bingung pilih antara air mineral atau es teh manis atau soda sebaiknya anda pilih air putih atau air mineral saja, kalau es teh manis itu mengandung gula yang di refinasi, dan ini tidak baik buat tubuh anda dan saya akan jelaskan itu di bagian kedua.

Berapa banyak yang boleh di minum, boleh tidak saya langsung minum satu satu liter misalnya?

Sebaiknya juga jangan terlalu banyak, minumlah secara perlahan agar tubuh anda tidak kaget, karena usus anda mempunyai kapasitas kalau anda mengisinya terlalu banyak otomatis tidak baik buat sistem pencernaan anda, terlalu banyak juga akan memaksa ginjal anda mengeluarkan cairan tadi.

Tujuan kita minum adalah untuk mengganti cairan yang hilang, ketika anda puasa tidak ada impact cairan yang masuk anda bernapas anda keringat cairan dan elektrolit itu akan hilang.

Poin penting mengapa harus dengan air mineral?

Jadi alasannya adalah air dibutuhkan untuk metabolisme dalam tubuh anda jadi ketika tubuh anda cukup cairan otomatis tubuh anda sudah siap untuk makanan yang masuk nantinya!

Apakah boleh saya minum air es sangat terbuka?

Sebaiknya jangan! anda minum air yang biasa saja air dalam suhu sedang atau hangat bukan suhu yang minus, kenapa karena memerlukan waktu lebih lama memerlukan energi untuk membuat suhu tadi yang minus untuk menjadi seperti suhu tubuh kita.

Jadi tubuh akan membutuhkan energi lebih untuk membuat suhunya menjadi normal ya jadi akhirnya memang anda saat minum anda segar setelah itu anda lebih lemas.

2 Konsumsilah buah segar

Konsumsi buah segar untuk buka puasa

Jadi setelah anda minum air anda bisa konsumsi buah segar dalam bentuk jus buah atau anda langsung makan, tapi jangan lupa dikupas.

Nah di sini buat segar dalam artian tidak diolah atau tidak dimasak contoh pisang goreng, jadi tolong jangan makan gorengan dulu nah di sini
Kenapa harus buat segar? karena buah yang pertama: mengandung air kemudian, mengandung gula alami jadi bukan gula refinasi gula pasir.

Disni saya mau jelaskan tadi poin nomor 1 tadi saya ada membahas kenapa jangan gula rafinasi karena ketika anda mengkonsumsi gula yang di refinasi tadi kadar indeks glikemiknya itu tinggi nah indeks glikemik pengukuran terhadap berapa banyaknya kadar glukosa yang akan diserap ke dalam darah setelah anda makan ketika sadar industri ini sangat tinggi otomatis tubuh akan menghasilkan insulin karena terjadi lonjakan gula darah dalam pembuluh darah anda dan pankreas anda akan dipaksa untuk menghasilkan insulin.

Berbeda dengan anda makan dari buah segar misalnya biasanya: banyak mereka yang mengkonsumsi kurma untuk berbuka puasa itu bagus kenapa karena masih ada seratnya jadi bukan gula refinasi, ataupun buah buah yang lainnya jadi ini sangat bagus buat tubuh anda jadi mengandung cairan juga buat yang lainnya dan mengandung gula untuk mengisi kembali kadar gula darah anda.

3. Mengonsumsi sayuran

Konsumsi sayuran setelah buka puasa

Kenapa harus sayuran? karena sayuran mengandung banyak mineral dan satu sisi lainnya jadi seharian anda tidak dapat vitamin dan mineral anda harus mengisinya dengan sayur sayuran.

Sayuran seperti apa, boleh tidak saya makan satu jenis saja? Boleh tapi sebaiknya sih anda harus makan kurang lebih tiga sampe lima warna jadi tiap sayuran itu mempunyai fungsinya masing masing setiap warna pada sayuran.

Mungkin sekarang di lebih dikenal dengan namanya Fitokimia / Fitonutrisi, jadi dari sayuran itu akan memenuhi kandungan mineral dan vitamin buat tubuh anda.

4. Sumber energi utama/karbohidrat

Makan makanan yang mengandung nutrisi dan karbohidrat

Yang dimaksud sumber energi utama yaitu karbohidrat jadi anda bisa mendapatkan karbohidrat dari nasi ubi kentang jagung dan sebagainya di sini ada yang pernah ada yang mungkin ada yang bertanya
Lebih baik saya buka puasa pakai nasi putih nasi merah atau nasi coklat?

Mungkin bagi anda yang tidak terbiasa makan coklat atau nasi merah boleh kombinasi jadi seimbang 50/50 atau 70/30 terserah anda.

5. Konsumsi makanan yang mengandung sumber protein


Protein cocok untuk makan sahur dan setelah berbuka, di sini kita bisa memperoleh dari daging, telur, ikan.

Tapi semua usahakan anda makan yang tanpa lemak jadi misalnya: Anda pilih daging daging tanpa lemak dan sebaiknya kurangi jumlah daging berlemak, jangan mentang mentang anda sudah seharian terus saat muka anda balas dendam, ini juga tidak baik buat anda kalau misalnya anda pilih ayam kini dadanya tanpa lemak kulitnya dibuang.

Bagi anda yang Vegetarian atau vegan anda bisa memilih sumber protein dari kacang kacangan mungkin anda bisa tambahkan susu almond, susu kedelai.

Kenapa harus ada protein pada saat anda berbuka puasa dan sahur? karena protein sangat penting untuk sebagai bahan pembangun sel jadi untuk menjaga sel sel dalam tubuh anda untuk menjaga otot anda agar masa otot anda tidak turun saat berpuasa.
Nah sobat sehat jadi itu semua adalah jenis jenis makanan yang harus anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi anda selama berpuasa.

Tiga tips sehat saat berbuka puasa

Nah di sini saya juga akan membagikan tips agar puasa anda lancar

1. jangan makan terlalu kenyang

Mungkin Anda sudah kelaparan lalu makan sampai oper, maksud saya makanannya sudah berlebihan

2. jangan makan makanan yang tinggi lemak tinggi garam tinggi gula dan pedas

Saya tahu mungkin bagi anda yang suka makanan manis bagi anda yang suka makan makanan pedas untuk tidak enak dong kalau tidak pedas loh kurang segar dong kalau tidak ada teh manis.

Mungkin bagi anda yang terbiasa dengan belajarlah untuk mengurangi terlebih dahulu, kalau anda tidak makan makanan tersebut mungkin anda tidak bisa makan akhirnya isi anda juga tidak masuk jadi salah satu adalah mengurangi level pedasnya dan level manisnya

3. Setelah selesai makan jangan langsung tidur 

Mungkin ada yang bilang saya sudah kerja sudah puasa seharian saya capek dong habis makan mau langsung tidur sebaiknya jangan kena karena nanti anda makanan anda akan refleks ke atas namanya gerd.

Jadi kalau makanan anda refleks ke atas otomatis akan mengganggu pencernaan anda yaitu Esofagus anda akan rasa terbakar di daerah tenggorokan dan saya sudah pernah bahas itu di artikel saya sebelumnya anda bisa lihat.

6 Hal yang tidak boleh dilakukan saat berpuasa!

Oke semoga artikel kesehatan ini yang saya berikan dapat bermanfaat buat anda semua yang sedang menjalankan puasa ya, apapun tujuan puasa anda saya doakan semoga anda bisa mencapai tujuannya salam hebat luar biasa.

Post a Comment for "Apa Makanan yang Baik- Sehat untuk Buka Puasa?"