Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kurma untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Apa manfaatnya konsumsi kurma untuk kecantikan wanita ya?

Sangat penting untuk disimak bagi para wanita yang selalu memperhatikan kecantikan, karena ternyata kurma bisa menjadi senjata ampuh.

Penasaran bukan? Berikut ini penjelasan tentang buah kurma

Manfaat buah kurma untuk kesehatan

Sejak tahun 4000 SM kurma menjadi makanan pokok di Mesir dan negara-negara Persia. Buah yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera bukan lagi sebagai makanan pokok tapi sebagai asupan gizi untuk kesehatan kecantikan wanita Arab dan sebagai konsumsi yang baik untuk berbuka puasa.

Nabi Muhammad SAW menyarankan makanlah 3 butir kurma untuk berbuka puasa dan menurut penelitian konsumsi 3 butir kurma ini dapat menyehatkan dan memenuhi nutrisi harian tubuh.

Selain itu kurma memiliki keistimewaan dari pada buah lain, yaitu karotenoid nutrisi ini dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan mata. Kandungan asam fenolik di dalam kurma juga sebagai anti oksidan yang dapat mencegah tubuh kuat dari serangan penyakit.

Reset terbaru Departemen Pertanian di Amerika Serikat urusan makanan USDA menemukan

Kandungan nutrisi kurma saat dikonsumsi 100 gram memiliki kadar: Protein 2,5 gram Energi 280 Kcal, Karbohidrat 65 gram, Gula 6,3 gram, serat pangan, protein, air, vitamin C 0.4 mg (1%), dan Managese.

Baca juga 14 Manfaat kebaikan kurma untuk kesehatan & Ibu hamil

Nah kandungan gizi tersebut sangat baik untuk memenuhi gaya hidup sehat manusia.

Manfaat kurma untuk kecantikan wanita

Manfaat buah kurma untuk kecantikan wanita

Terlihat lebih muda

Mengonsumsi kurma secara teratur dapat menghilangkan kerutan dan garis-garis halus pada wajah. Coba juga untuk mengonsumsi kurma muda, Asam pantotenat yang ada di dalam kurma dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Nah bagi kamu yang ingin selalu tampil cantik sering seringlah konsumsi kurma atau ramuan sari kurma.

Membuat wajah cerah bercahaya

Buah ini juga dapat membantu memperbaiki kulit dari dalam, dan hal lainnya kulit akan terlihat lebih kenyal terlihat bercahaya.

Hal ini disebabkan kandungan vitamin C yang sekitar 1% per 100 garam kurma mampu meningkatkan kesehatan kulit wajah vitamin ini juga dapat mencegah penuaan yang diakibatkan radikal bebas termasuk paparan sinar ultraviolet yang membuat wajah kusam dan kering.

Dengan seiring konsumsi buah kurma sisa makeup dan efek sinar matahari bisa dibersihkan dengan perlahan.

Penguat energi

Buah ini juga penguat energi, Monosakarinda atau kadar gula yang terkandung pada kurma dapat memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan cepat.

Hal ini berbeda dengan kebanyakan buah dengan sukrosa tinggi yang membutuhkan pemecahan lebih lambat sebelum tubuh menyerap gula dengan sempurna untuk ditransfer jadi energi.

Membuat rambut kuat dan sehat

Buah ini juga dapat membantu rambut lebih kuat dan sehat, karena kandungan vitamin B didalamnya. Jika kamu kekurangan vitamin ini maka rambut akan menjadi rapuh dan kering.

Jika sedang mengalami kerontokan rambut kurma dapat menyehatkan koliker dari dalam rambut dan membuatnya lebih kuat, coba secara rutin konsumsi 3 buah kurma setiap hari.

Memperbaiki pencernaan

Buah ini juga bisa memperbaiki pencernaan karena mengandung serat larut yang merupakan hal terpenting dari sistem pencernaan yang baik, karena memungkinkan air masuk ke saluran pencernaan.

Selain itu potasium dalam kurma juga meredakan sakit perut dan diare, potasium juga lah yang memperkuat bakteri baik dalam perut. Khasiat ini bermanfaat untuk mereka yang sedang melakukan diet.

Untuk kecantikan kulit

Buah ini juga dapat membantu mengobati masalah kulit, kalian bisa mengurangi bekas jerawat dan stretch mark  dengan memakai campur kurma yang ditumbuk dengan madu.

Kurma memang enak banget jika dikonsumsi secara langsung rasanya itu manis banget, tapi jika kalian bosan dengan konsumsi seperti itu kalian bisa mengolahnya menjadi makanan atau minuman seperti minyak zaitun.

Baca juga Manfaat minyak zaitun (Olive oil) untuk kecantikan

Cara memilih kurma yang baik

Buah kurma ada beberapa macam diantaranya:
  • Kurma "Ajwa" (kurma yang disukai oleh nabi kualitas terbaik memiliki harga jual yang lebih tinggi)
  • Ruktob ini kurma yang masih muda (baik untuk program kehamilan, persalinan dan ibu menyusui)
  • Kurma kering dan produksi sari kurma (untuk konsumsi, kesehatan pencernaan dan antioksidan)

Kurma selalu kita konsumsi pada saat berbuka atau pada saat kita membatalkan puasa dan semua kita sudah tahu kurma itu banyak sekali manfaatnya tapi bagaimana cara memilih kurma yang baik?
  1. Buahnya utuh, tidak ada kelopak yang terbuka
  2. Pada saat membeli kurma dalam kemasan pilihan kemasan yang bagus.
  3. Dan hati-hati karena kurma dijual secara musiman bisa saja mendapatkan kurma yang sudah terlalu lama atau yang sudah berjamur sebaiknya harus teliti.   

Cara mengolah kurma untuk kecantikan

Selain konsumsi langsung pengolahan kurma bisa dilakukan dengan kreasi dan kebutuhan seperti nasi kebuli itu bisa ditambahkan dengan kurma.

1. Dibuat makanan ringan

Inovasi terbaru kurma dilapisi coklat manis dan gurih untuk hidangan cemilan dan cuci mulut, dan dengan bahan kurma kering disatukan dengan buah lain dibuat salad kurma.

Selain berfungsi mendapatkan kecantikan manfaat kurma lezat lagi membuat tubuh berenergi.

2. Dibuat Jus program diet

Bahan-bahannya kurma muda (ruktob) atau yang matang, kemudian dicampur dengan susu, yoghurt dan buah pelengkap lainnya kemudian diblender dan siap di minum, selain untuk penurun berat badan bisa untuk menjaga kesehatan juga pokoknya lengkap deh.

Kalian boleh Pilih di jus atau dimakan buah buahnya langsung

3. Dibuat Tajines (bahan untuk puding)

Daging kurma dipotong kecil-kecil kemudian ditambahkan susu lopet (rendah kalori). Nah hidangan ini b isa juga untuk menetralisir susu bagi yang tidak bisa makan susu karena alasan kesehatan.

Kurma juga bisa dibikin kue apem dengan bahan buah kurma, kemudian bisa dipakai isian roti dan macam-macam.

Sudah mendapatkan keuntungan cantik ditambah sehat pula, lengkap sekali bukan?

Bagaimana menurut penilaian kamu sendiri? Silahkan komentar di bawah.

Post a Comment for "Manfaat Kurma untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut"