Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Kurang Tidur Selain Kopi

Jelang detline atau kerjaan belum selesai menumpuk biasanya kita akan mengeluarkan tenaga ekstra untuk memastikan seluruh kegiatannya selesai tepat waktu.

Kalau sudah begini biasanya orang suka lupa waktu bahkan sampai begadang untuk lembur, kalau sudah keasikan sama pekerjaan ya itu tidak bisa dihindari. Jadinya pola istirahat kita berkurang bikin kita merasa lemah dan lelah di hari berikutnya.
Jenis suplemen makanan terbaik agar prima kalo kurang tidur

Efek sering begadang akan menyebabkan kondisi tubuh kurang bersemangat, kepala pusing, badan pegal-pegal, kemudian begadang mengakibatkan mual. Tentu saja anda tidak ingin sampai seperti itu kan?

Satu satunya cara mengatasi efek kurang tidur yang terbaik sebenarnya adalah dengan bantal dan selimut kemudian tidur yang cukup lama, tapi keadaan tersebut tidak memungkinkan banyak yang mengakalinya dengan minum suplemen atau minuman kopi, teh atau minuman seperti soda.

Lalu bagaimana cara agar tetap sehat walau sering begadang karena bukan hanya urusan tugas untuk mendapatkan hasil maksimal, tetapi kondisi badan harus tetap memperhatikan secara teliti.

Kalau sudah begini jangan langsung buru-buru mencari kopi sebagai pertolongan pertama, tapi kalian bisa mencoba mengonsumsi makanan dibawah ini untuk memastikan gizi dan energi yang hilang bisa pulih kembali.

Baca juga: 7 makanan bernutrisi untuk kesehatan dan kecantikan

Makanan Suplemen untuk Menjaga Kesehatan saat Kurang Tidur

Saat lelah ditengah pekerjaan kemudian langsung atasi kondisi tersebut selain konsumsi kopi misalnya dengan konsumsi vitamin suplemen atau makanan yang direkomendasikan berikut ini


1. Telur

Saat kurang tidur dan rasa ngantuk menyerang sel-sel otot akan menjadi lelah juga.

Nah untuk mengatasi hal ini asupan asam lemak EPA dan DHA akan menjadi senyawa yang kalian butuhkan, salah satu makanan yang mengandung senyawa ini adalah putih telur.

Anda bisa mengkombinasikan telur dengan sayuran hijau yang kaya akan zat besi seperti sayur bayam. Sehingga gejala kekurangan zat besi atau anemia akibat kelelahan bisa dihindari.

Baca juga: Berapa banyak konsumsi telur yang sehat


2. Konsumsi Ikan

Berbagai ikan laut seperti ikan salmon, tuna, saten itu memiliki kandungan lemak tak jenuh, serta ada kandungan protein yang cukup tinggi yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Hal ini yang bisa membuat kalian yang kurang tidur merasa lebih bertenaga, selain itu lemak tak jenuh juga dapat membantu kerja otak agar berkonsentrasi dengan mudah.


3. Buah Mangga

Rasa lelah dan mengantuk biasanya bikin kita ingin konsumsi makanan manis atau karbo.

Nah kalau sudah ingin kayak gitu, itu adalah salah satu sinyal kalau tubuh kita kekurangan bahan bakar atau kurang beristirahat.

Dibanding kamu makan cemilan seperti coklat atau es krim coba deh makan mangga manis karena ini menjadi alternatif yang baik plus kandungan gulanya itu lebih alami.

Baca juga: Jenis buah yang mengandung antioksidan


4. Kacang-kacangan

Lemak tak jenuh dalam kacang-kacangan seperti kacang Mede ternyata dapat menekan hormon pemicu stres.

Selain itu kacang bisa membantu kalian lebih kenyang tanpa harus memicu sugar crash atau kenaikan kadar gula darah.


5. Oatmeal

Biji-bijian seperti gandum pada oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang akan lebih lama di pencernaan sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama.

Selain itu oatmeal juga tidak akan menaikkan glukosa darah dengan cepat, tidak seperti nasi yang malah membuat tubuh Anda menjadi lemas dan mengantuk setelah kenyang, terutama saat kondisi kurang tidur karena  urusan pekerjaan.

Nah supaya kejar target dan kerjaan beres tepat waktu diusahakan kalian harus bisa mengontrol waktu dulu, jangan hanya mengejar pekerjaan kondisi kesehatan dilupakan.

Jika anda harus terpaksa harus lembur sampai bergadang cobalah untuk menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan yang baik seperti diatas!

Karena selain membuat kalian menjadi lebih produktif makanan-makanan tersebut tidak membuat tubuh gemuk meski dikonsumsi saat malam hari.

Baca juga: Manfaat Sarapan Oatmeal Setiap Pagi

Tips agar mudah tidur diwaktu yang sempit

Setelah selesai pekerjaan setiap ada kesempatan jangan melupakan tidur usahakan fokus tiduran walaupun sekitar 30 menit atau 1 jam istirahat.

Jangan gunakan waktu untuk yang lain, apalagi hanya dengan bermain handphone, karena itu bisa membuat pikiran menjadi tidak konsentrasi gunakan waktu untuk tidur walaupun kondisi siang hari tidak peduli yang penting setelah itu optimal kembali.

Post a Comment for "Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Kurang Tidur Selain Kopi"